MENGKRITIK ATAU MEMUJI BERBAGAI KARYA

Pendahuluan

Mengkritik artinya memberikan tanggapan terhadap sesuatu hal disertai uraian dan pertimbangan baik buruknya hal tersebut. Adapun memuji adalah memberi pengakuan atau penghargaan kepada sesuatu yang dianggap baik atau indah. Dapatkah kamu mengkritik atau memuji dengan cara yang tepat agar orang lain dapat menerima kritikan atau pujianmu dengan baik. Pada pembelajaran ini kamu akan mengkritik atau memuji dengan bahasa yang lugas dan santun. Aktivitas menentukan aspek yang akan dikritik atau dipuji, menentukan kekurangan atau keunggulan karya, serta memuji atau mengkritik dengan bahasa yang lugas dan santun.

1.   Menentukan aspek yang akan dikritik atau dipuji.

Mengkritik adalah kegiatan memberikan tanggapan disertai dengan uraian dan pertimbangan. Kekurangan dan keunggulan suatu karya. Oleh karena itu, sebelum mengkritik kamu harus menentukan keunggulan dan kekurangan. Agar dapat menentukan keunggulan dan kekurangan kamu harus memperhatikan secara mendalam hal yang akan dikritik. Sebagai contoh gurumu member tugas menulis sebuah paragraf. Temanmu telah berhasil membuatnya, hasilnya sebagai berikut :

Kata orang, menulis perlu bakat.benar juga,tapi nggak selalu begitu. Bakat diperlukan kalau kita menulis jenis tulisan tertentu, seperti sastra. Tapi kalau jenis tulisan lain, semua orang bisa. Jadi jangan ragu-ragu untuk belajar menulis.

Setelah mengamati tulisan temanmu, kamu ingin memberikan kritik atau pujian hasil karya tersebut. Dalam hasil karya tadi, misalnya, yang dapat dikritik adalah penggunaan ejaan dan berdasarkan hal tersebut kamu dapat menentukan kekurangan dan kelebihanya sebagai berikut :

  1. Kekurangan

A. Terdapat kesalahan diksi, yaitu penggunaan kata nggak.

  1. Terdapat kesalahan ejaan, yaitu penggunaan tanda baca koma.
  2. Kelebihan

A. Struktur kalimatnya benar.

  1. Memenuhi syarat kepaduan.

2. Mengkritik atau memuji dengan bahasa yang lugas dan santun.

        Dalam mengkritik kamu harus berhati-hati jangan sampai temanmu tersinggung. Kamu harus memilih cara yang paling tepat dan santun untuk menyampaikannya. Apabila kritikanmu disertai dengan alasan yang logis, menggunakan bahasa yang santun pasti temanmu akan dapat menerimanya dengan baik. Dari hasil tulisanmu tersebut, misalnya kamu dapat memberikan tanggapan sebagai berikut :

       Dilihat dari segala aspek kalimatnya, terdapat kesalahan diksi dan kesalahan penggunaan tanda baca. Pada kalimat pertama terdapat kata nggak. Kata tersebut tidak baku karena terpengaruh dialek, yang baku adalah tidak. Pada kalimat terakhir terdapat kesalahan tanda baca koma. Setelah kata jadi, seharusnya diberi tanda koma karena menurut kaidah, sesudah kata penghubung antar kalimat harus diberi tanda koma.

Kamu telah cermati contoh cara mengkritik suatu karya,sekarang amatilah pantun berikut !

Jalan-jalan ke tugu Monas

Sampai di puncak liftnya mati

Bau badan tidaklah enak

Karena seharian tidak mandi

A. Identifikasikan kekurangan dan kelebihan pantun tersebut !

B. Berdasarkan identifikasi tersebut,sampaikan kritik atau pujian dengan bahasa yang lugas dan santun !

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Kelas IX (Sembilan). Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s